3 Ciri-Ciri Asam Urat di Leher, Sebabkan Nyeri Hebat Jika Diabaikan

Rabu, 26 Juli 2023 - 08:33 WIB
loading...
3 Ciri-Ciri Asam Urat...
Asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat di persendian, salah satunya leher. Foto Ilustrasi/Healthgrades
A A A
JAKARTA - Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyerang lebih dari 8 juta orang di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, penyakit asam urat kasusnya cukup sering ditemukan, khususnya pada orang dewasa dan lansia.

Melansir Healthline, Rabu (26/7/2023), asam urat atau gout disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat di persendian. Tempat yang paling umum untuk asam urat berkembang adalah jempol kaki. Tempat umum lainnya adalah jari kaki, pergelangan kaki, hingga lutut.

Jika gout tidak diobati, kristal asam urat mungkin mulai menumpuk di area lain seperti tulang belakang, tulang rusuk, atau tengkorak. Jelas ini akan menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan.



Selain itu, asam urat juga bisa saja terjadi di area leher. Bila Anda sering merasa tak nyaman di bagian leher, ada kemungkinan itu disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi.

Berikut ciri-ciri asam urat yang bisa terjadi pada leher.

1. Nyeri Punggung

Pertama ada rasa nyeri pada punggung. Asam urat dapat memengaruhi persendian di tulang belakang serta menyebabkan nyeri punggung dan kekakuan.

Konsultasikan bila sering mengalami nyeri punggung berlebih. Jika tubuh Anda memproduksi terlalu banyak asam urat atau jika ginjal Anda tidak menyaring sebagaimana mestinya, Anda bisa mengalami nyeri pada punggung bawah yang cukup hebat.

2. Nyeri Leher

Penderita asam urat pada leher tentu akan merasakan nyeri di bagian tersebut. Kondisi ini dikonfirmasi dengan adanya kristal monosodium urat negatif birefringent dalam jaringan.


3. Leher Terasa Kaku

Satu lagi ciri-ciri asam urat pada leher ialah munculnya rasa kaku. Rasa tak nyaman di leher disebabkan karena kandungan purin yang tinggi dan akan menumpuk.

Purin yang menumpuk disalurkan melalui darah ke tubuh, salah satunya leher. Akibatnya muncul gejala asam urat di leher yang menjadi kaku dan tidak nyaman.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)